Uncategorized

WN Vietnam Tersangka Pembunuhan Kim Jong-nam dibebaskan Malaysia

By newbery on March 1, 2019 0 Comments

Deskripsi singkat: Tersangka pembunuhan Kim Jong-nam asal Vietnam, Doan Thi Huong, dibebaskan menyusul pembebasan WNI Siti Aisyah.

WN Vietnam Tersangka Pembunuhan Kim Jong-nam dibebaskan Malaysia

Perempuan asal Vietnam yang dituding terlibat dalam pembunuhan saudara tiri Kim Jong-un, presiden Korea Utara, yaitu Kim Jong-nam, akhirnya telah resmi dibebaskan.

Doan Thi Huong dibebaskan oleh Malaysia

Pengacara Doan Thi Huong, nama perempuan WN Vietnam itu, menyebutkan bahwa kliennya dibebaskan setelah menerima kesepakatan dari jaksa penuntut Malaysia dan dinyatakan bersakah atas tuduhan yang diterimanya yaitu “menyebabkan luka.”

Ia mendapatkan hukuman penjara singkat. Tapi, hukuman penjara itu juga dipotong dengan masa penahanan. Huong pasalnya dibebaskan hari Jumat (3/5) ini.

Huong dan juga Siti Aisyah (WN Indonesia) dituding memberikan agen saraf VX pada Kim tepatnya di Bandar Udara Kuala Lumpur pada tahun 2017 lalu. Kedua perempuan itu menyangkalnya. Mereka juga mengatakan bahwa mereka jadi bagian dari program lelucon TV.

Pembunuhan yang terjadi di bandara internasional tersebut pasalnya mengejutkan banyak orang dan juga jadi perhatian khusus media internasional.

Kim Jong-nam sedang menunggu penerbangannya ke Macau di bandar udara Kuala Lumpur pada tanggal 13 Februari 2017 lalu. Pada saat itu, dua perempuan mendekatinya di area keberangkatan. Dilihat dari rekaman CCTV, ditunjukkan bahwa salah satu diantaranya menaruh salah satu tangannya di wajah Kim. Lalu keduanya langsung meninggalkannya.

Kim sendiri meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit dikarenakan paparan agen sara, salah satu yang paling beracun dari semua racun kimia. Korea Utara sendiri menegaskan bahwa mereka terlibat dalam pembunuhan tersebut. Namun ada 4 orang pria yang mana diyakini warga Korut dan melarikan diri di hari pembunuhan. Empat pria tersebut dituduh terlibat dalam kasus ini. Mereka tetap bebas walapun ada red notice dari interpol. Red notice ini setara dengan surat perintah penangkapan internasional.

Alasan Pembebasan Doan Thi Huang

Dan akhirnya hari Jumat (3/5) Pengadilan Malaysia membebaskan Doan Thi Huang. Perempuan WN Vietnam itu dikonfirmasi oleh pengacara bandar togel online terbaik akan meninggalkan Malaysia dan pulang ke Vietnam sore ini. Saat ini, Doan telah dibawa ke tahanan imigrasi. Ia akan diamankan di sana sembari menunggu penerbangan menuju ke Hanoi.

Pengacaranya mengatakan juga bahwa Doan bakal menggelar jumpa pers singkat sebelum dirinya bertolak ke negara asalnya. “Jika ia tak bisa berbicara dengan media, saya yang akan membacakan pernyataan dirinya,” ungkap pengacaranya.

Pembebasan Doan pasalnya berlangsung 2 bulan setelah sebelumnya terdakwa lainnya yang merupakan WNI, Siti Aisyah, dibebaskan lebih dulu oleh hakim Malaysia pada bulan Maret 2019 lalu. Jaksa penuntun umum Malaysia akhirnya mencabut semua dakwaan pembunuhan pada Doan bulan April lalu.

Keputusan tersebut pasalnya dilakukan setelah jaksa mengubah dakwaan yang mana dikenakan pada Doan dari pasal 302 soal pembunuhan jadi pasal 324 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Malaysia, yakni secara tak sengaja mencederai orang lain.

Jaksa Muhammad Iskandar Ahmad, ketika itu menyatakan alasan mengubah dakwaannya pada Doan. Ia menyebutkan karena ada harapan besar dari masyarakat menyusul pembebasan Siti Aisyah.

Siti dengan Doan memang diketahui mengikuti persidangan sejak bulan Oktober 2017 lalu karena tuduhan mengusapkan racun syaraf VX ke wajah saudara tiri Kim Jong-un itu. Selama ini, mereka berdua bersikeras bahwa keduanya tak bersalah karena mereka mengaku ditipu oleh agen Korea Utara sejak mereka diajak mengikuti sebuah acara usil.

Keputusan hakim untuk membebaskan Siti akhirnya disusul dengan pembebasan Doan yang diharapkan oleh seluruh masyarakat yang mengikuti perkembangan kasusnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *